<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pemahaman peserta\r\ndidik terhadap konsep asam basa Bronsted-Lowry, (2) kesalahan pemahaman\r\npeserta didik pada materi asam basa Bronsted-Lowry.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan\r\nmenggunakan metode studi kasus yang berfungsi untuk menghimpun dan\r\nmenganalisis data berkenaan dengan sesuatu kasus. Variabel dalam penelitian ini\r\nadalah pemahaman konsep asam basa Bronsted-Lowry yang meliputi kemampuan\r\npeserta didik dalam menerjemahkan, menginterpretasi dan mengekstrapolasi\r\nide/gagasan yang terdapat pada materi asam basa Bronsted-Lowry. Adapun subjek\r\ndalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA semester gasal\r\ntahun ajaran 2013/2014 MA Wahid Hayim yang berjumlah 34 orang. metode\r\npengumpulan data penelitian yang digunakan berupa tes dan wawancara\r\nmendalam. Teknis analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan\r\ntriangulasi sumber.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga aspek pemahaman yang\r\ndijadikan acuan dalam penelitian ini maka aspek pemahaman terjemahan pada\r\nindikator “mampu mengidentifikasi asam dan basa Bronsted-Lowry” dan “mampu\r\nmenuliskan reaksi asam dan basa serta mampu menuliskan simbol reaksi\r\npersamaan dengan tepat” memiliki tingkat pemahaman yang relatif lebih tinggi\r\nyakni sebesar 53,4% dan 51,8%. Pada aspek pemahaman interpretasi dengan\r\nindikator “mampu menyebutkan pasangan asam basa konjugasi serta menjelaskan\r\nterbentuknya spesi pasangan konjugasi” memiliki tingkat pemahaman sebesar\r\n31,6%. Tingkat persentase pemahaman pada aspek pemahaman ektrapolasi pada\r\nindikator “mampu menghitung ketetapan asam atau basa dari suatu senyawa”\r\nsebesar 14,7% dan indikator “mampu meramalkan kekuatan asam atau basa suatu\r\nsenyawa” hanya sebesar 10,3%. Hal ini dikarenakan pada aspek pemahaman\r\nektrapolasi dimensi proses kognitifnya pada tataran C3 dengan soal yang lebih\r\nkompleks sehingga dimungkinkan lebih sulit dipahami peserta didik. Di antara\r\nkesalahan pemahaman yang terjadi pada peserta didik adalah sebagai berikut : (a)\r\nPeserta didik masih memahami pengertian asam dan basa menurut teori Bronsted-\r\nLowry sama halnya seperti teori Arrhenius (b) Peserta didik memahami peran\r\nH2O secara tekstual, yakni bersifat netral, tanpa memperhatikan penempatan H2O\r\npada suatu reaksi.\r\n\r\n"^^ . "2013-10-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09670042"^^ . "ZENITH FARAHMA SARI "^^ . "NIM. 09670042 ZENITH FARAHMA SARI "^^ . . . . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY\r\nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #12249 \n\nPEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY \nPESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM \nYOGYAKARTA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Kimia" . .