TY - THES N1 - Pembimbing : Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd. ID - digilib12249 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12249/ A1 - ZENITH FARAHMA SARI , NIM. 09670042 Y1 - 2013/10/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pemahaman peserta didik terhadap konsep asam basa Bronsted-Lowry, (2) kesalahan pemahaman peserta didik pada materi asam basa Bronsted-Lowry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus yang berfungsi untuk menghimpun dan menganalisis data berkenaan dengan sesuatu kasus. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep asam basa Bronsted-Lowry yang meliputi kemampuan peserta didik dalam menerjemahkan, menginterpretasi dan mengekstrapolasi ide/gagasan yang terdapat pada materi asam basa Bronsted-Lowry. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA semester gasal tahun ajaran 2013/2014 MA Wahid Hayim yang berjumlah 34 orang. metode pengumpulan data penelitian yang digunakan berupa tes dan wawancara mendalam. Teknis analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga aspek pemahaman yang dijadikan acuan dalam penelitian ini maka aspek pemahaman terjemahan pada indikator ?mampu mengidentifikasi asam dan basa Bronsted-Lowry? dan ?mampu menuliskan reaksi asam dan basa serta mampu menuliskan simbol reaksi persamaan dengan tepat? memiliki tingkat pemahaman yang relatif lebih tinggi yakni sebesar 53,4% dan 51,8%. Pada aspek pemahaman interpretasi dengan indikator ?mampu menyebutkan pasangan asam basa konjugasi serta menjelaskan terbentuknya spesi pasangan konjugasi? memiliki tingkat pemahaman sebesar 31,6%. Tingkat persentase pemahaman pada aspek pemahaman ektrapolasi pada indikator ?mampu menghitung ketetapan asam atau basa dari suatu senyawa? sebesar 14,7% dan indikator ?mampu meramalkan kekuatan asam atau basa suatu senyawa? hanya sebesar 10,3%. Hal ini dikarenakan pada aspek pemahaman ektrapolasi dimensi proses kognitifnya pada tataran C3 dengan soal yang lebih kompleks sehingga dimungkinkan lebih sulit dipahami peserta didik. Di antara kesalahan pemahaman yang terjadi pada peserta didik adalah sebagai berikut : (a) Peserta didik masih memahami pengertian asam dan basa menurut teori Bronsted- Lowry sama halnya seperti teori Arrhenius (b) Peserta didik memahami peran H2O secara tekstual, yakni bersifat netral, tanpa memperhatikan penempatan H2O pada suatu reaksi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Keyword : Pemahaman KW - Konsep KW - Asam Basa Bronsted-Lowry. M1 - skripsi TI - PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA BRONSTED-LOWRY PESERTA DIDIK KELAS XI MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted ER -