%A NIM. 10.224.1233 FATHUL MUJIB %O Pembimbing: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.Ag. %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT MTs KELAS VII DAN VIII DI PENERBIT PT TIGA SERANGKAI MANDIRI SOLO %X Pembelajaran bahasa Arab perlu dicarikan formulasi idealnya, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar yang sangat dibutuhkan saat ini. Penyediaan bahan ajar berupa Buku teks pelajaran bahasa Arab yang berkualitas saat ini masih langka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi adanya kesenjangan kondisi ideal dan kondisi real di lapangan khususnya masalah ketersediaan bahan ajar Buku teks yang baik. Penulis tertarik melakukan penelitian ini sebagai upaya pemenuhan kriteria kebermutuan Buku teks pelajaran bahasa Arab dengan dilandasi oleh pandangan bahwa Buku teks pelajaran menjadi alternatif strategis-akseleratif pembangunan kembali dunia pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab akan berlangsung dengan baik dan efektif jika didukung oleh Buku teks pelajaran yang baik juga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku teks pelajaran bahasa Arab tingkat MTs kelas VII dan VIII yang sesuai dan layak untuk siswa pada jenjang tersebut dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan respon guru serta siswa terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli media dan materi, (5) respon guru, siswa (6) produk akhir. Proses validasi dilakukan oleh satu ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian adalah penerbit Tiga Serangkai, siswa, guru mata pelajaran bahasa Arab di tingkat MTs dan SMP Islam. Data diperoleh dari angket untuk ahli media dan ahli materi serta respon guru terhadap buku teks pelajaran yang dikembangkan pada aspek pembelajaran, aspek media, dan materi. data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap kelayakan buku teks pelajaran kelas VII dari aspek isi/materi dengan rata- rata skor 4,2 dengan kategori baik dan aspek pembelajaran dengan rata- rata skor 4,1 dengan kategori baik. penilaian ahli materi terhadap kelayakan buku teks pelajaran kelas VIII dari aspek isi/materi dengan rata- rata skor 4,1 dengan kategori baik dan aspek pembelajaran dengan rata- rata skor 4,3 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli media terhadap kelayakan buku teks pelajaran dari aspek tampilan dengan rata- rata skor 4,37 kategori sangat baik dan aspek penggunaan dengan rata- rata skor 4, 3 kategori sangat baik. Hasil respon guru terhadap kelayakan buku teks pelajaran menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif dengan rata-rata skor 4,26 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa menunjukan buku teks pelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi, dapat membantu dan memudahkan mereka dalam belajar bahasa Arab. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produk buku teks pelajaran bahasa Arab yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas VII dan VIII di tingkat MTs. Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab. %K Bahan Ajar, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12257