%0 Thesis %9 Masters %A HENDRA GUNAWAN, S. HUM., NIM. 1120510077 %B PS-AGAMA DAN FILSAFAT %D 2013 %F digilib:12258 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K MADRASAH NURUL IMAN %P 131 %T PERKEMBANGAN KONTEMPORER MADRASAH NURUL IMAN DI KOTA JAMBI (1970-2013) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12258/ %X Pada awalnya, penulis menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya Madrasah Nurul Iman dengan melihat perubahan di setiap periodenya. Analisa baru dilakukan ketika membahas perkembangan Madrasah Nurul Iman pada tahun 1970 dengan melihat perubahannya yang terjadi secara kronologis hingga tahun 2013. Setelah dilakukan analisa, terdapat beberapa penemuan dalam penelitian ini; pertama, situasi sosial keagamaan di Jambi sangat menjaga toleransi dalam beragama. Meskipun mayoritas masyarakatnya adalah muslim, tidak ada konflik antar agama di Jambi. Keadaan sosial keagamaan yang tetap terjaga tentu mempengaruhi perkembangan kelembagaan Madrasah Nurul Iman. Pada era orde baru, ada kebijakan pemerintah yang melarang segala bentuk aktivitas berbau kebudayaaan dan tradisi Tionghoa, namun hal ini tidak mempengaruhi eksistensi Madrasah Nurul Iman di Jambi. Madrasah Nurul Iman tetap bertahan dan berkembang hingga tahun 2013, meskipun ada beberapa perubahan dalam kelembagaan dan sistem pendidikan yang diakibatkan perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat. Kedua, struktur kelembagaan Madrasah Nurul Iman pada awal kemerdekaan tidak jauh berbeda dengan awal berdirinya. Pada masa kelahiran Madrasah Nurul Iman hingga tahun 1970, belum terdapat perjenjangan secara teratur. Sejak tahun 1971 perjenjangan mulai diadakan dari tingkatan Ibtidaiyah, dan Tsanawiyah, hingga tahun 1976 juga diadakan tingkat Aliyah. Masing-masing jenjang pendidikan dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Namun ketiga jenjang pendidikan tersebut masih dibawah kepemimpinan Mudir. Jabatan Mudir tidak digunakan lagi sejak tahun 2005, dan kepemimpinan hanya dipegang oleh ketua kelembagaan. Ketiga, perubahan sistem pendidikan di Madrasah Nurul Iman mengikuti pola konservatif ke adaptif respontif. Kurikulum yang digunakan di Madrasah Nurul Iman pada awalnya menggunakan hidden curriculum. Sejak dekade 1970-an, kurikulum disesuaikan karena telah adanya perjenjangan pendidikan, terlebih ketika dikeluarkan SKB 3 Menteri yang baru masuk ke Jambi pada tahun 1980. Namun perbaikan pendidikan di Madrasah Nurul Iman mulai tampak jelas ketika dikeluarkannya surat keputusan no. 01/KPTS/NA/II/2001. Pada tahun 2005, Madrasah Nurul Iman mulai mengikuti sistem pendidikan Kementerian Agama hingga tahun 2013. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Dudung Abdurahman, M. Hum