%0 Thesis %9 Skripsi %A NOFANTO, NIM. 09690040 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:12264 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: inquiry, parampaa quiz, minat belajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi. %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN INQUIRY DENGAN METODE PARAMPAA QUIZ TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12264/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Perbedaan kemampuan berpikir Tingkat tinggi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan minat belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori, (3) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori, (4) Efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan (5) Efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap minat belajar siswa Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz serta variabel terikat berupa minat belajar dan kemampuan berpikir tngkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest, dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz (nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima). Pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dengan metode parampaa quiz lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap minat (nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima). %Z Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc