eprintid: 12266 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/22/66 datestamp: 2014-04-30 01:56:30 lastmod: 2016-02-22 02:53:32 status_changed: 2014-04-30 01:56:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISMAYA MUNAF, NIM. 09670033 title: PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Pendidikan Karakter, Modul note: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan spesifikasi modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs yang dikembangkan, mengetahui kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian tiga pendidik IPA SMP/MTs serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul kimia yang dikembangkan. Pengembangan modul ini dibimbing oleh satu dosen pembimbing dan diberi masukan oleh ahli materi, ahli media dan peer reviewer. Penilaian modul dilakukan oleh reviewer yaitu tiga pendidik IPA SMP/MTs dan respon 10 peserta didik. Pengembangan ini menggunakan model prosedural yang menggunakan langkahlangkah Borg dan Gall. Prosedur dalam pengembangan modul ini hanya dibatasi sampai 5 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba. Instrumen penilaian modul berupa lembar penilaian skala 1-5 yang berisi 10 aspek dan 18 kriteria penilaian. Hasil penilaian dari 3 pendidik berupa data kualitatif, kemudian dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil respon peserta didik diolah menjadi bentuk persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut penilaian tiga pendidik IPA SMP/MTs di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90,47%, sedangkan respon dari 10 peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 95%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. date: 2013-10-09 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ISMAYA MUNAF, NIM. 09670033 (2013) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12266/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12266/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf