@phdthesis{digilib12272, month = {October}, title = {PENGARUH MODUL FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY BERORIENTASI INTEGRASI BUDAYA PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09690007 NOVI RAHMAWATI DEVI }, year = {2013}, note = {Pembimbing : Daimul Hasanah, M.Pd }, keywords = {Kata Kunci: Modul Fisika, Potensi Lokal, Tekanan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12272/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul fisika berbasis potensi lokal; 2) mengetahui kualitas modul menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMP/MTs; serta 3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika yang dikembangkan. Prosedur dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian pengembangan Borg \& Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 5 langkah utama antara lain: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk yang akan dikembangkan; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Hasil penelitian ini berupa: 1) modul fisika berbasis potensi lokal yang berhasil dikembangkan dengan memenuhi kriteria kualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber penunjang pembelajaran; 2) kualitas modul fisika berbasis potensi lokal adalah sangat baik (SB) berdasar penilaian ahli materi, sangat baik (SB) berdasar penilaian ahli media, dan baik (B) berdasar penilaian guru fisika SMP/MTs dengan presentase masing-masing 91,07\%; 90,19\%; dan 80,91\%; 3) respon siswa terhadap modul fisika berbasis potensi lokal adalah setuju (S) dengan presentase 80,52\% pada uji lapangan skala kecil dan 75,44\% pada uji lapangan skala besar. } }