TY - THES N1 - Pembimbing : Daimul Hasanah, M.Pd ID - digilib12272 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12272/ A1 - NOVI RAHMAWATI DEVI , NIM. 09690007 Y1 - 2013/10/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul fisika berbasis potensi lokal; 2) mengetahui kualitas modul menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMP/MTs; serta 3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika yang dikembangkan. Prosedur dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian pengembangan Borg & Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan 5 langkah utama antara lain: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk yang akan dikembangkan; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Hasil penelitian ini berupa: 1) modul fisika berbasis potensi lokal yang berhasil dikembangkan dengan memenuhi kriteria kualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber penunjang pembelajaran; 2) kualitas modul fisika berbasis potensi lokal adalah sangat baik (SB) berdasar penilaian ahli materi, sangat baik (SB) berdasar penilaian ahli media, dan baik (B) berdasar penilaian guru fisika SMP/MTs dengan presentase masing-masing 91,07%; 90,19%; dan 80,91%; 3) respon siswa terhadap modul fisika berbasis potensi lokal adalah setuju (S) dengan presentase 80,52% pada uji lapangan skala kecil dan 75,44% pada uji lapangan skala besar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Modul Fisika KW - Potensi Lokal KW - Tekanan M1 - skripsi TI - PENGARUH MODUL FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY BERORIENTASI INTEGRASI BUDAYA PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII AV - restricted ER -