%0 Thesis %9 Skripsi %A KARTIKA SOFIANA HIKMAH , NIM. 09600026 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:12275 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning (CTL), Berbasis Keislaman, Karakter. %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEISLAMAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP/MTS KELAS VII PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12275/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berkualitas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis keislaman untuk mengembangkan karakter siswa SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial, 2) mengetahui respon siswa terhadap LKS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis keislaman untuk mengembangkan karakter siswa SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKS dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dilakukan dengan tahap: pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 82,39%. Selain itu, respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) pada uji coba terbatas mendapatkan respon Sangat Setuju (SS) dengan persentase keidealan 79,13%. %Z Pembimbing : Suparni, M.Pd