@phdthesis{digilib12284, month = {October}, title = {PENGEMBANGAN VIRTUAL LAB FISIKA BERBASIS BORLAND DELPHI 7 PADA MATERI LENSA TIPIS UNTUK SMA/MA KELAS X}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08690066 AKHMAD ANIP NASUKHA}, year = {2013}, note = {Pembimbing : Winarti, M.Pd Si}, keywords = {Kata Kunci: Virtual Lab, Borland Delphi 7, Lensa Tipis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12284/}, abstract = {13 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan virtual lab fisika sebagai media pembelajaran dengan Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk SMA/MA kelas X, (2) mengetahui kualitas virtual lab fisika sebagai media pembelajaran denagn Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk SMA/MA kelas X yang telah dikembangkan, (3) mengetahui respon siswa terhadap virtual lab fisika sebagai media pembelajaran denagn Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk SMA/MA kelas X. Penelitia ini merupakan penelitian R\&D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari model 4D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define (2) design (3) develop (4) disseminate. Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (skala Likert) dan lembar respon siswa (skala Guttman). Data kualitas virtual lab diperoleh dari 3 penilai. Kelayakan virtual lab berdasarkan respon siswa uji coba terbatas pada 10 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa. Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap virtual lab fisika di analisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan virtual lab fisika berbasis Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA kelas X yang berisi tentang simulasi praktikum lensa tipis dalam memvisualisasikan pembentukan bayangan, (2) kualitas virtual lab fisika berbasis Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA kelas X berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/MA memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92,86\% dari ahli materi; 77,50\% dari ahli media; 84,09\% dari guru fisika SMA/MA, (3) respon siswa terhadap virtual lab fisika berbasis Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA kelas X pada uji coba terbatas diperoleh respon tinggi dengan skor 14,6 dan persentase 81,11\%, sedangkan pada uji coba luas diperoleh respon tinggi dengan skor 14,15 dan persentase 78,61\%.} }