eprintid: 12288 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/22/88 datestamp: 2014-04-30 06:01:43 lastmod: 2024-03-08 02:21:36 status_changed: 2014-04-30 06:01:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. RIZAL PAHLEFI , NIM. 1120010013 title: STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JAMBI) ispublished: pub subjects: IPI divisions: perp_inf full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Strategi Promosi, Perpustakaan. note: Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M.Ag abstract: Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam akses informasi. Hal ini mengakibatkan kecenderungan pengguna merubah pola akses informasi. Kecenderungan tersebut berdampak terhadap menurunnya pemustaka yang menggunakan koleksi informasi di perpustakaan Universitas Jambi. Hal itu terlihat jelas pada statistik pengguna perpustakaan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Menanggapi hal tersebut dibutuhkan usaha untuk mempromosikan atau mengkomunikasikan perpustakaan kepada penggunanya, agar nantinya tercipta pemanfaatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sarana dalam kegiatan promosi perpustakaan yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Jambi, mengetahui penerapan starategi yang digunakan dalam mempromosikan perpustakaan Universitas Jambi, mengetahui kendala yang dihadapi dalam promosi perpustakaan Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan sebagai data primer dan dokumen sebagai data sekunder. Penentuan informan dalam penelitian ini melalui purposive sampling yakni dengan kriteria tertentu didasarkan pada kedudukan dari informan, sehingga ia dianggap mengetahui masalah-masalah yang diteliti. Hasil penelitian lapangan ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana dalam kegiatan promosi perpustakaan yakni: 1) pendidikan pemakai. 2) memberikan brosur. 3) spanduk. 4) mengadakan perlombaan. 5) pameran. 6) media cetak. Namun ketersediaan sarana dan prasarana dalam kegiatan promosi belumlah efektif sesuai dengan kebutuhan pengguna. Disisi lain strategi implementasi dalam hal promosi yang dilakukan perpustakaan Universitas Jambi belumlah berjalan optimal. Ditandai dengan, peran kepala perpustakaan dan pustakawan yang kurang koordinasi dalam pelaksanaa promosi yang dilakukan. Selain itu animo para sivitas akademika kurang memanfaatkan perpustakaan. Untuk itu, pustakawan perlu menentukan strategi yang tepat seperti menentukan kebutuhan penggunanya melalui analisis SWOT Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang dan kesempatan), Threats (ancaman dan tantangan). Dalam hal mempromosikan perpustakaan Universitas Jambi penulis menemukan beberapa kendala. Rendahnya perhatian kepala perpustakaan dan perannya sebagai pimpinan, keterbatasan dana dalam promosi menjadi hal yang mendukung akan kesuksesan promosi, dan lemahnya daya kreativitas pustakawan dalam promosi. date: 2013-10-17 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M. RIZAL PAHLEFI , NIM. 1120010013 (2013) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JAMBI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12288/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12288/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf