TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag. ID - digilib12291 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12291/ A1 - SYAROFAH, NIM. 1120410084 Y1 - 2013/10/16/ N2 - Guru bahasa Arab bukan hanya dituntut untuk menguasai materi yang akan disampaikan, namun juga harus mempunyai tehnik atau metode-metode pembelajaran yang efektif sekaligus menarik, sehingga materi yang ingin disampaikan oleh guru mampu diterima peserta didik dengan baik. Dan salah satu bentuk peningkatan kemampuan mengajar dari seorang guru adalah dengan cara melakukan profesionalisasi guru dengan pembinaan yang intensif. Pembinaan guru diartikan sebagai serangkaian usaha bantuan yang berwujud layanan profesional yang dilakukan oleh kepala sekolah, pemilik sekolah dan pengawas serta pembina lainnya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar. Dari pengertian tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pembinaan guru melalui supervisi pendidikan, khususnya guru bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Al-Shighor Cirebon. SMP Al-Shighor merupakan salah satu lembaga pendidikan formal dengan menggunakan program internasional dan memiliki program pengajaran dengan berorientasi dua bahasa dunia yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Semua pelajaran agama berbahasa Arab dan semua pelajaran umum berbahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Análisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu, tringulasi sumber dan tringulasi metode. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: (1) SMP Internasional Islamic Boarding School Al-Shighor melaksanakan pembinaan guru bahasa Arab melalui supervisi pendidikan, yaitu dengan berbagai program pembinaan meliputi kunjungan kelas, pertemuan individu, kursus/pelatihan bahasa Arab, perjalanan sekolah (Field Trip), pengajian, kepanitiaan dan rapat guru. (2) pelaksanaan pembinaan guru bahasa Arab telah berjalan dengan baik sehingga berdampak pada kompetensi guru bahasa Arab meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - masters TI - PEMBINAAN GURU BAHASA ARAB DI INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL AL-SHIGHOR CIREBON AV - restricted ER -