<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n"^^ . "Tujuan utama pembelajaran bahasa adalah fungsi keempat keterampilan sebagai\r\nalat komunikasi baik lisan maupun tulisan. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab terdapat\r\npembelajaran kemahiran bahasa Arab secara spesifik yang diklasifikasikan ke dalam\r\nempat mata kuliah yaitu; 1). mata kuliah Fahmu al-Masmû’ (keterampilan\r\nmendengarkan) 2) mata kuliah Ta’bir Syafâwî (keterampilan berbicara) 3) mata kuliah\r\nQirâ’ah (keterampilan membaca) dan 4) mata kuliah Kitâbah (keterampilan menulis).\r\nPenelitian ini merupakan deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan (field\r\nresearch). Sumber data pada penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah\r\nkemahiran bahasa Arab dan mahasiswa semester II Tahun ajaran 2012/2013\r\n(menggunakan teknik populasi dan sampel). Instrument pengumpulan data dalam\r\npenelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian\r\nserta instrument di atas adalah 1) sistem pembelajaran kemahiran bahasa Arab di Jurusan\r\nBahasa dan Sastra terdiri dari beberapa komponen, yaitu dosen pengampu, mahasiswa\r\nsemester II dan kurikulum dalam pembelajaran yang digunakan adalah kurikulum\r\nberbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan sistem terpisah (Nazâriyyat al-Furû’), 2)\r\nProses pembelajaran kemahiran bahasa Arab berlangsung cukup baik serta berkembang\r\nkearah pembelajaran bahasa Arab yang konstruktif dimana pembelajaran difokuskan pada\r\nperan (keterlibatan) mahasiswa kemudian dosen pengampu berperan sebagai fasilitator\r\ndan mitra bagi mahasiswa yang membantu belajar mahasiswa agar berjalan dengan baik\r\ndan tercipta suasana yang efektif. Hal demikian implikasi teori konstruktivisme dimana\r\nmahasiswa sebagai subyek pembelajaran yang mengkonstruksi pengetahuan melalui\r\npengelamannya sendiri meliputi presentasi dan diskusi baik dalam bentuk tugas individu\r\nmaupun kelompok. 3) Dalam proses pembelajaran kemahiran bahasa Arab pembenahan\r\ndan perbaikan masih perlu dilakukan karena kemampuan mahasiswa dalam memahami\r\nmateri yang berbeda-beda, hal ini disebabkan input mahasiswa sejak awal tidak\r\ndiklasifikasikan berdasarkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa, sehingga mereka\r\nmengalami beberapa kesulitan seperti kesulitan dalam memahami teks bahasa Arab serta\r\nmempraktekannya dalam bentuk lisan maupun tulisan, terlebih penerapan metode yang\r\ntidak variatif kemudian ada sebagian dosen pengampu belum memahami karakter\r\nmahasiswa. Namun, disisi lain terdapat upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang\r\ndilakukan oleh segenap civitas akademik seperti belajar kelompok di luar jam kuliah,\r\nlatihan-latihan bahasa baik secara personal maupun klasikal.\r\nDengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran kemahiran\r\nbahasa Arab di jurusan Bahasa dan Sastra Arab perlu memperhatikan latar belakang\r\nmahasiswa dan pemilihan metode yang bervariasi, sehingga dalam proses pembelajaran\r\ndapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai program jurusan Bahasa dan\r\nSastra Arab. pembenahan dan perbaikan tentang implikasi teori konstruktivisme yang\r\ndimaksud adalah terutama dalam aspek pembelajaran dimana menurut teori tersebut\r\ndosen berperan sebagai fasilitator dan mahasiswa sebagai subyek pembelajaran yang\r\nmengkonstruksi pengetahuan melalui pengalamannya sendiri.\r\n\r\n"^^ . "2013-07-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1120411019"^^ . "ULFIYAH "^^ . "NIM. 1120411019 ULFIYAH "^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN\r\nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\r\n2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #12293 \n\nSISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI JURUSAN \nBAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA \nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA \n2012/2013 \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .