<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Anak didik merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pendidikan. Dalam\r\npandangan modern, anak didik tidak hanya dianggap sebagai obyek atau sasaran pendidikan,\r\nmelainkan juga harus diperlakukan sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu pendidikan\r\nhendaknya melayani kebutuhan dan hakekat anak didik. Pendidikan seharusnya mempunyai\r\nkreasi-kreasi baru di sepanjang waktu dengan berorientasi kepada sifat, kecenderungan dan\r\nhakekat anak didik baik dari segi fisiologis meupun segi psikososialnya. Dalam tahap lanjut,\r\npendidik perlu memperhatikan ciri khas masing-masing anak didik baik bakat, minat,\r\nintelegensi, serta kepribadiannya.\r\nSkripsi ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang karakteristik atau ciri khas\r\nanak didik dalam pendidikan Islam serta untuk mengetahui bagaimana upaya pendidikan\r\nIslam dalam pengembangan potensi anak didik sesuai dengan karakteristiknya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi literatur dengan\r\nmenggunakan buku-buku yang kemudian dijadikan sumber data primer maupun sekunder.\r\nAnalisa data dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik, menggunakan pola berfikir\r\ninduktif dan deduktif.\r\nPenelitian ini merumuskan kesimpulan antara lain:\r\n1. Karakteristik atau ciri khas anak didik dalam pendidikan Islam meliputi karakteristik\r\numum dan karakteristik khusus. Karakteristik umum meliputi pertumbuhan dan\r\nperkembangan fisik dan psikis, sedang karakteristik khusus anak didik meliputi potensipotensi\r\nyang melekat pada anak didik seperti bakat, minat, intelektual dan emosional.\r\nKarakteristik anak didik dalam pandangan Islam antara lain fitroh, roh, kebebasan kemauan\r\ndan akal. Keempat karakteristik ini dapat berkembang dan dikembangkan melalui proses\r\npendidikan.\r\n2. Dalam upaya pengembangan poptensi anak didik maka diperlukan upaya peningkatan\r\nkompetensi guru dalam segala aspek seperti akademik, kepribadian, dan aspek-aspek\r\nlainnya yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Adapun aktualisasi potensi\r\nanak didik bisa diupayakan sistem atau model pembelajaran dan sesuai dengan\r\nkarakteristik dan perbedaan individual anak didik seperti sistem CBSA (Sistem Belajar\r\nSiswa Aktif).\r\nKata kunci: metode pendidikan Agama Islam, karakteristik dan potensi anak, kompetensi guru PAI."^^ . "2003-01-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 97473726"^^ . "ESTI ANIFAH"^^ . " NIM. 97473726 ESTI ANIFAH"^^ . . . . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "BAB I.V.pdf"^^ . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #12298 \n\nKARAKTERISTIK ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .