%0 Thesis
%9 Skripsi
%A ABDUL JALIL, NIM.  03531444
%B FAKULTAS USHULUDDIN
%D 2008
%F digilib:1232
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Metode Tahfiz al-Qur'an, Pra-kodifikasi Abu Bakr
%P 48
%T TAHFIZ AL-QUR’AN (STUDI TENTANG SEJARAH DAN METODE TAHFIZ AL-QUR’AN PRA-KODIFIKASI ABU BAKR)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1232/
%X Interaksi (tafa‘ul) ummat islam dengan kitab suci mereka (al-Qur’an)  mempunyai berbagai bentuk dan model, ada yang menghafalkannya, memahaminya,  menulisnya, menafsirkannya dan lain sebagainya. Di mana pada setiap model interaksi  dengan al-Qur’an mempunyai bebrapa tingkatan dan macam, sesuai dengan kemampuan  masing-masing orang yang akan terpengaruh oleh ruang waktu dan tempat. Secara  umum, proses tahfiz al-Qur'an pada masa sekarang yang berlangsung di masjid,  madrasah, kuttab, rumah, ma‘had, universitas sesuai dengan tradisi ta‘lim setempat  menggunakan media al-Qur'an yang tertulis (mushaf), dan pada umumnya seorang murid  membacakan al-Qur’an dihadapan seorang guru (setoran) sesudah menghafalnya dari  sebuah mushaf (al-Qur’an yang tertulis) karena pada umumnya masyarakat sekarang  adalah masyarakat yang berbudaya tulisan (saqafah kitabiyyah). Dari sini peneliti ingin  mengetahui proses tahfiz al-Qur’an sebelum ada mushaf (pra-kodifikasi Abu Bakr) pada  sebuah masyarakat yang masih berbudaya oral (saqafah syafahiyyah). Penelitian ini akan  membantu untuk memberi gambaran yang lebih teliti tentang sejarah tahfiz al-Qur’an, di  mana penelitian dan studi terhadap sejarah al-Qur’an lebih fokus pada sejarah  penulisan/kodifikasi al-Qur’an.  Penelitian ini bersifat library research dengan metode deskriptif-analitis serta  menggunakan pendekatan sejarah naratif yang mencoba mencari fakta mengenai  peristiwa (event), ruang (space), waktu (time), tokoh (man) serta perubahan dan  keberlangsungan (change and contiunity). Peneliti akan mengurutkan, menganalisis, dan  mengklasifikasi data-data sejarah yang diperoleh dari bebrapa sumber. Penelitian ini  dapat memberi kontribusi kepada studi al-Qur’an khususnya dalam ilmu tarikh al-Qur’an  yang masih jarang dijadikan objek penelitian oleh mahasiswa jurusan tafsir dan hadis  UIN SUNAN KALIJAGA, sekaligus akan menambah wawasan para huffaz di bidang  mereka dalam rangka meningkatkan kualitas intelektual dan kesadaran para h}uffaz  (istikmal al-bina’ al-‘ilmi wa at-tarbawi li al-huffaz).  Pada periode Makkah, Nabi dan para sahabat telah berusaha untuk  menghafalkan dan menjaga teks al-Qur'an dengan mengadakan pembelajaran di rumah  para sahabat atau dengan cara privat. Masjid Nabi menjadi pusat pendidikan pada  periode Madinah, di samping tempat-tempat lain seperti as-suffah dan dar al-Qurra’.  Pengajar al-Qur'an tidak hanya Nabi, akan tetapi juga para sahabat senior, misalnya Ibn  Mas‘ud dan Mus‘ab. Selama dua periode ini, transmisi al-Qur'an lebih bercorak oral,  karena bangsa Arab awal berbudaya oral (saqafah syafahiyyah) sehingga para qurra’  mempunyai peran lebih besar dibandingkan al-Qur'an yang tertulis. Para qurra’ di masa  itu tidak menghafal al-Qur'an saja akan tetapi mereka adalah orang yang berilmu  (‘ulama) dan ahli ibadah (nussak). Para qurra’ inilah yang mempunyai peran besar dalam  proses pembentukan mushaf pertama pada masa Abu Bakr.  Dengan menggunakan kaca mata ulumul hadis, peneliti berhasil menjelaskan  metode tahfiz al-Qur'an pada komunitas yang berbudaya oral, di antaranya adalah alistima>‘  min qira’ah asy-syaikh dan al-qira’ah ‘ala asy-syaikh. Nabi dan sahabat  mentransmisikan al-Qur'an dengan benar dan sempurna. Untuk menjaga hafalan al-  Qur'an, mereka telah melakukan berbagai aktifitas muraja‘ah (ulangan) secara pribadi  atau kelompok (dengan patner), hingga hafalan mereka tetap terjaga. Selain metode  yang sistematis, potensi dan dorongan diri yang dimiliki generasi awal dapat juga  dikatakan sebagai faktor pendukung tahfiz. Nabi telah mencoba untuk mendekatkan al-  Qur'an kepada masyarakat dengan berbagai hal hingga seorang qari’ atau hafiz pada  masa Nabi mempunyai kedudukan yang istimewa.
%Z Dr. Sahiron Syamsuddin, M.A.