TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Maragustam Siregar, MA ID - digilib12320 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12320/ A1 - HOLIL MA?MUN , NIM. 99414423 Y1 - 2003/08/05/ N2 - Manusia lahir di muka bumi ini dengan tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu apapun, kemudian Allah SWT memberi pengetahuan dan berbagai potensi lainnya sebagai kelengkapan anugerah Ilahi agar bisa membudidayakan alam untuk keperluan hidup dan kelestarian kehidupan di alam ini berupa akal, pikiran, pengetahuan, pendengaran, dan indrawi manusia. Sarana yang paling efektif guna memperoleh pengetahuan yang baik dan bertahap adalah melalui pendidikan agama yang diajarkan sejak dini. Karena pendidikan agama mengantar seseorang kepada pengetahuan keagamaan sebagaimana diajarkan di dalam al-Qur?an dan Hadits. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yang sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data adalah metode analisis konsep yaitu suatu analisis mengenai istilah istilah (kata-kata) yang memiliki gagasan atau konsep. Pengembangan pendidikan Islam dari fitrah manusia bergantung pada berapa faktor yaitu faktor bawaan, lingkungan, pengembangan tauhid, dan usaha pendidikan yang meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan kemampuan psikomotorik. Dinamika interksi antara keempat faktor tersebut sangat menentukan keberhasilan pengembangan pendidika Islam. Pengembangan pendidikan tauhid amat penting dalam pendidikan Islam yang berfungsi untuk mentransformasikan setiap individu agar menjadi manusia ideal yang memiliki sifat utama. Key word: fitrah manusia, pendidikan Islam, psikomotorik PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - fitrah manusia KW - pendidikan Islam KW - psikomotorik M1 - skripsi TI - KONSEP FITRAH MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TAFSIR AL QUR?AN SURAT ARRUM AYAT 30) AV - restricted ER -