%A NIM. 99414423 HOLIL MA’MUN 
%O Pembimbing: Drs. Maragustam Siregar, MA
%T KONSEP FITRAH MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TAFSIR AL QUR’AN SURAT ARRUM AYAT 30)
%X Manusia lahir di muka bumi ini dengan tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu
apapun, kemudian Allah SWT memberi pengetahuan dan berbagai potensi lainnya sebagai
kelengkapan anugerah Ilahi agar bisa membudidayakan alam untuk keperluan hidup dan
kelestarian kehidupan di alam ini berupa akal, pikiran, pengetahuan, pendengaran, dan indrawi
manusia. Sarana yang paling efektif guna memperoleh pengetahuan yang baik dan bertahap
adalah melalui pendidikan agama yang diajarkan sejak dini. Karena pendidikan agama
mengantar seseorang kepada pengetahuan keagamaan sebagaimana diajarkan di dalam al-Qur’an
dan Hadits.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yang sumber datanya dari
sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data adalah metode analisis konsep yaitu suatu
analisis mengenai istilah istilah (kata-kata) yang memiliki gagasan atau konsep.
Pengembangan pendidikan Islam dari fitrah manusia bergantung pada berapa faktor yaitu
faktor bawaan, lingkungan, pengembangan tauhid, dan usaha pendidikan yang meliputi
kemampuan kognitif, afektif, dan kemampuan psikomotorik. Dinamika interksi antara keempat
faktor tersebut sangat menentukan keberhasilan pengembangan pendidika Islam. Pengembangan
pendidikan tauhid amat penting dalam pendidikan Islam yang berfungsi untuk
mentransformasikan setiap individu agar menjadi manusia ideal yang memiliki sifat utama.
Key word: fitrah manusia, pendidikan Islam, psikomotorik
%K fitrah manusia, pendidikan Islam, psikomotorik
%D 2003
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib12320