@phdthesis{digilib12322, month = {July}, title = {PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH DI PONDOK PESNTREN ASH-SHOLIHAH JONGGRANGAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 99414535 IIS HOLISOH}, year = {2003}, note = {Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si.}, keywords = {pendidikan agama Islam, anak usia pra sekolah, pondok pesantren}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12322/}, abstract = {Sebagai lembaga pendidikan, pesantren ikut bertanggungjawab terhadap proses pencerdasan bangsa secara keseluruhan. Dari titik pandang ini pesantren berangkat secara kelembagaan maupun inspiratif, memilih model yang dirasakan mendukung secara penuh tujuan dan hakikat pendidikan manusia itu sendiri, yaitu membentuk manusia yang sejati punya kualitas moral dan intelektual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologi. Subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, ustad dan ustadzah, santri usia prasekolah. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dengan analisa kualitatif dan menggunakan cara berfikir induktif, sedang triangulasi data adalah teknik pemeriksaan data yang dimanfaatkansesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu sendiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaanpendidikan agama Islam untuk anak usia prasekolah adalah baik, dengan indikator bahwa anak sudah mampu membaca dan menulis iqro? dengan baik. Mampu mengerjakan shalat, dan terbiasa melakukan ajaran agama Islam setiap harinya seperti mengerjakan sholat lima waktu dan membaca al Qur?an. Berakhlak baik kepada kyai, ustadz dan teman, mandiri dalam mandi, ganti baju dan makan dilakukan sendiri. Key word: pendidikan agama Islam, anak usia pra sekolah, pondok pesantren} }