%A NIM. 00410001 ISTIQOMAH %O Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, MA %T KONSEP MASYARAKAT MADANI DAN IMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID) %X Dalam konteks masyarakat madani tantangan terhadap partisipasi aktif dunia pendidikan semakin besar. Peran lembaga pendidikan Islam tidak saja dituntut untuk mengkristalisasikan semangat ketuhanan sebagai pandangan hidup universal, lebih dari itu institusi ini harus lebur dalam wacana dinamika modern. Menyikapi realitas pendidikan sekarang Nurcholish Madjid tampil memodernisasi pendidikan Islam. Usaha ini dimaksudkan untuk menemukan format pendidikan ideal untuk masa depan Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reaserch) yang bersumber dari bukubuku, jurnal, majalah, maupun artikel-artikel lain yang didukung oleh pendapat dan gagasan dari para pneliti lain yang ditemukan dalam literatur penunjang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder, dengan pendekatan filosofis yang berfokus historis-faktual. Sedang analisa data yang digunakan adalah metode content analysis. Masyarakat madani yang ditawarkan oleh Nurcholish Madjid adalah konsep yang mengambil jalan tengah yaitu perpaduan antara peradaban Barat dengan khazanah kebudayaan klasik yang dimiliki oleh Islam. Pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid tidak bisa dilepaskan dari budaya asalnya, dengan kata lain untuk mengembangkan pendidikan Islam harus bercermin dari budaya dan sejarah masa klasik Islam yang dibangun pada masa Nabi dan para sahabatnya, seperti paradigma yang dibangun oleh Nurcholish Madjid dalam menggagas konsep masyarakat madaninya. Key word: masyarakat madani, pendidikan Islam, Nurcholish Madjid %K masyarakat madani, pendidikan Islam, Nurcholish Madjid %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12323