eprintid: 1233 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/12/33 lastmod: 2012-05-04 16:40:39 status_changed: 2012-05-04 16:40:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HAFIDZOTU NURU ZAHRO - NIM. 03450479, title: EFEKTIVITAS STRATEGI i POINT COUNTER POINT /i TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI ispublished: pub full_text_status: none keywords: Efektifitas, strategi Point Counter Point, partisipasi, dan kemampuan berpikir analisis. note: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, M.S. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Point Counter Point lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kemampuan berpikir analitis siswa pada sub pokok bahasan pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman hayati di kelas X C Semester II MAN Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan seberapa efektifkah penggunaan strategi Point Counter Point dibandingkan pembelajaran konvensional dilihat dari hasil pretes dan postes kedua kelompok serta seberapa besar partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada kedua kelompok. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAN Maguwoharjo Sleman, dan diambil sampel 2 kelas atas dasar penunjukan sekolah (guru bidang studi) dan pertimbangan peneliti yaitu kelas X C sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretes dan postes, serta lembar observasi. Analisis data untuk partisipasi siswa selama pembelajaran baik pembelajaran dengan strategi Point Counter Point maupun pembelajaran konvensional dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk soal tes (pretes dan postes) menggunakan uji t data berpasangan. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas sebaran uji homogenitas varians. Hasil analisis partisipasi selama proses pembelajaran Biologi menunjukkan bahwa 83,4% siswa tergolong pada kategori cukup baik dan baik untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol 60% pada kategori kurang baik. Hasil analisis uji prasarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis untuk uji t data berpasangan menunjukkan bahwa thit 5,20 ttab 2,689 yang artinya : tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan strategi Point Counter Point terhadap kemampuan berpikir analitis siswa selama proses pembelajaran Biologi di kelas. date: 2008-07-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-18 11:35:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--hafidzotun-841-1-hafidzot-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/17/digilib-uinsuka--hafidzotun-841-1-hafidzot-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=983 ; nama file lama : HAFIDZOTU NURU ZAHRO 03450479 EFEKTIVITAS STRATEGI POINT COUNTER POINT TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1197987 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-18 11:35:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--hafidzotun-841-1-hafidzot-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/17/digilib-uinsuka--hafidzotun-841-1-hafidzot-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=983 ; nama file lama : HAFIDZOTU NURU ZAHRO 03450479 EFEKTIVITAS STRATEGI POINT COUNTER POINT TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1197987 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: HAFIDZOTU NURU ZAHRO - NIM. 03450479, (2008) EFEKTIVITAS STRATEGI i POINT COUNTER POINT /i TERHADAP PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.