%A NIM. 98423959 AGUS MUKHLASIN %T HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS DUA MAN YOGYAKARTA IIII. YOGYAKARTA %X Terdapat asumsi bahwa ada hubungan yang positif antara religiusitas siswa dengan motivasi belajar mereka, siswa yang mempunyai tingkat rasa agama tinggi cenderung lebih termotivasi dan tekun dalam belajar sehingga mencapai prestasi yang memuaskan. Sebaliknya siswa yang mempunyai tingkat religiusitas yang rendah tidak akan bersemangat dalam belajar karena belajar bukan atas kesadaran akan pentingnya belajar dan kewajiban belajar guna mendekatkan diri kepada Tuhan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pengumpulan datanya melalui angket, dan dokumentasi. Adapun populasinya adalah semua siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2002/2003 dengan teknik random sampling. Metode analisa datanya dengan menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment. Terdapat korelasi positif dan signifikan antara religiusitas dengan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III. Adanya kontribusi positif antara religiusitas terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas 2 MAN Yogyakarta III sebesar 41,99%. %D 2003 %K religiusitas, motivasi belajar, siswa MAN %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12330