TY - THES ID - digilib12341 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12341/ A1 - FASICHATUL UMMAH , NIM. 98423967 Y1 - 2003/01/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui definisi dan teori-teori tentang belajar, serta bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses belajar mengajar bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilaksanakan dengan electic method, yaitu gabungan metode langsung dan metode tarjamah, agak tersendat dikarenakan banyak siswa yang baru mengenal dan mendapatkan pelajaran bahasa Arab semenjak menjadi siswa MTs, yaitu sebanyak 66,67% dari 48 siswa kelas II. Kemauan dan semangat siswa untuk belajar bahasa Arab cukup tinggi yaitu 41,67% menyatakan senang dengan pelajaran bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, para guru berusaha untuk meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya bahasa Arab serta meningkatkan perhatian atau konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, memotivasi siswa, serta memberi berbagai tugas latihan seperti menulis, mengarang dan bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab. PB - Fak. Tarbiyah KW - bahasa Arab KW - belajar mengajar M1 - skripsi TI - PROSES BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN PSIKOLOGI BELAJAR) AV - restricted ER -