%0 Thesis %9 Skripsi %A HIDAYATUN MAHMUDAH, NIM. 98474078 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2003 %F digilib:12347 %I Fak. Tarbiyah %K cerita, pendidikan Islam %T CERITA SEBAGAI METODE PENDIDIKAN ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap cerita, serta untuk mengahui sejauhmana peranan cerita sebagai metode dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku Mendidik dengan Cerita karya Dr. Abdul Aziz d Abdul Majid dan buku Memaknai Cerita Mengasah Jiwa karya T. Handayu. Hasil penelitian adalah bahwa dalam pandangan Islam, bercerita kepada anak didik bukan merupakan hal yang tabu dan bercerita dapat menjadi sarana pembentukan konsep diri manusia. Bahwa cerita dengan beragam orientasinya dapat mempengaruhi sikap dan perilaku anak didik. Ciri-ciri buku yang dapat digunakan sebagai metode pendidikan dalam Islam antara lain: a) cerita itu dapat mempertebal keimanan kepada Allah dan Rasulullah, b) cerita yang dibangun dengan pondasi tauhid/aqidah dan akhlak salafus shalih, c) cerita yang mengembangkan dan memperluas cakrawala anak, d) cerita yang memberikan pendidikan moral dan tata krama.