%A NIM. 98413862 AYU WULANDARI %O Kata kunci: metode pembelajaran siswa tuna rungu %T PENDIDIKAN MORAL KEAGAMAAN BAGI ANAK TUNA RUNGU DI SLB NEGERI SEWON BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan moral keagamaan di SLB Negeri Sewon Bantul; dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran pendidikan moral keagamaan di SLB Negeri Sewon Bantul. Agar ada keseimbangan antara anak tuna rungu dan masyarakat, maka perlu diberikan pendidikan yang menyatu dengan masyarakat, yaitu pendidikan agama yang di dalamnya mengandung pendidikan moral. Pendidikan moral yang diberikan kepada anak normal berbeda dengan yang diberikan kepada anak tuna rungu. Perbedaan terletak pada metode penyampaiannya. Penggunaan metode pendidikan ini harus mempertimbangkan beberapa prinsip khusus, yaitu keterarahwajahan, keterarahsuaraan, dan keperagaan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang dibugakan guru dalam proses pembelajaran agama Islam adalah dengan menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi, dan pemberian tugas. Selain itu juga dengan cara memberikan penghargaan, memberikan teladan yang baik, pembiasaan, dan menasihati. Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran berhubungan dengan emosi dan kreatifitas guru dan siswa. %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12357