%A NIM. 98454027 ISNA RAHMAWATI %O Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si %T HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR KIMIA DAN PENGETAHUAN AWAL KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS II SEMESTER 3 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2002/2003 %X Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara (1) minat belajar kimia dan pengetahuan awal kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas II semester 3 MAN Godean Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2002/2003, (2) minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas II semester 3 MAN Godean Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2002/2003 bila pengetahuan awal kimia dikendalikan, (3) pengetahuan awal kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas II semester 3 MAN Godean Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2002/2003 bila minat belajar kimia dikendalikan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MAN Godean Sleman Yogyakara dengan jumlah siswa sebanyak 200 anak. Sebagai sampel diambil dua kelas dari enam kelas secara cluster random sampling yaitu kelas II A 40 siswa dan kelas II C 41 siswa. Data dikumpulkan dengan angket minat belajar kimia (Xi), penegahuan awal kimia (X2), dan soal prestasi belajar kimia siswa (Y), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil analisis didapatkan persamaan Y = 0,016694 Xi + 0,69504 X2 + 8,127115 dengan harga ry(]>2) = 0,360 dan ry:(i,2) = 0,130. Harga sumbangan relatif (SR) dari prediktor X] = 98,63 % dan prediktor X2 =88,42 %. Harga sumbangan efektif (SE) X] = 1,37 % dan X2 = 11,58 %. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar kimia dan pengetahuan awal kimia dengan prestasi belajar kimia siswa. Ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara minat belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa bila pengetahuan awal kimia dikendalikan. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan awal kimia dengan prestasi belajar kimia siswa bila minat belajar kimia dikendalikan. Bertolak dari harga koefisien korelasi ganda maupun parsial dari minat belajar kimia dan pengetahuan awal kimia, maka kedua faktor tersebut perlu dipertimbangkan dalam peningkatan prestasi belajar kimia. %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12358