%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ISKANDAR ZULKARNAEN , NIM. 97423579 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2003 %F digilib:12378 %I Fakultas Tarbiyah %K Penerapan metode langsung (Manhaj Al-Mubaasyir) , Pengajaran Bahasa Arab %T PENERAPAN METODE LANGSUNG (MANHAJ AL-MUBAASYIR) DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS I MTS PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12378/ %X Mempelajari dan mendalami pengetahuan agama Islam dari sumbernya yang asli memang tidak mungkin tanpa menguasai bahasa Arab. Di dalam pengajaran bahasa Arab tidak terlepas dari sejumlah komponen-komponen pengajaran yang meliputi: tujuan, bahan pelajaran, belajar mengajar, metode, media atau alat, sumber, evaluasi, guru serta anak didik sebagai factor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan meliputi; Metode Penentuan Subyek, metode pengumpulan data, metode analisa data. Setelah mengumpulkan data, mengolah dan menganalisa data sehingga hasil penelitian yang telah dijabarkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Proses pelaksanaannya dengan penerapan Direct Method atau Metode Langsung, sedangkan kesulitan – kesulitan dalam pengajaran bahsa Arab dengan Direct Method di Madrasah Tsanawiyah pondok Pabelan adalah kurangnya fasilitas alat peraga yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab.