@phdthesis{digilib12380, month = {July}, title = {PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDIT HIDAYATULLAH BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 98413857 NUR KHOTIMAH }, year = {2003}, keywords = {proses pembelajaran, pendidikan agama Islam, Kurikulum Berbasis Kompetensi, KBK }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12380/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI di SDIT Hidayatullah Balong dalam menghadapi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI di SDIT Hidayatullah Balong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bahwa dalam menghadapi kurikulum berbasis kompetensi telah dilakukan usaha berupa penentuan standar kelulusan, antara lain mampu membaca Al-Qur?an dengan tartil, dan mampu menghapal Al-Qur?an. Proses pembelajaran PAI di SDIT Hidayatullah Balong menggunakan pendekatan terpadu, yaitu keimanan, pengalaman, pembiasaan, rasional, emosional, fungsional, dan keteladanan. Faktor pendukung proses pembelajaran dalam menghadapi KBK adalah lingkungan pendidikan, kerjasama wali murid. Sedangkan faktor penghambat adalah guru kesulitan dalam menyusun jadwal pembelajaran, wali murid yang kurang memperhatikan buku penghubung, serta minimnya sarana dan prasarana. Kata kunci: proses pembelajaran, pendidikan agama Islam, Kurikulum Berbasis Kompetensi, KBK } }