%0 Thesis %9 Skripsi %A ROHINAH, NIM. 98413854 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2003 %F digilib:12382 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K pendidikan Islam, bias gender, keadilan %T KEADILAN GENDER DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (ANALISA DESKRIPTIF PEMIKIRAN MAHMUD SYALTUT) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12382/ %X Islam adalah ajaran yang menyeluruh dan terpadu, ia mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik dalam urusan-urusan keduniaan maupun hal-hal yang menyangkut keakhiratan. Pendidikan adalah bagian yang tak terpisahkan dari ajaran Islam secara keseluruhan, ia merupakan bagian terpadu dari aspek-aspek ajaran Islam. Citra ideal pendidikan Islam yang menekankan pada pembentukan pribadi muslim memiliki kepentingan dalam aplikasinya untuk memperhatikan nilai-nilai persamaan dan keadilan tanpa membedakan jenis kelamin tertentu. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber datanya melalui sumber data primer dan sekunder. Metode analisa datanya menggunakan metode deskriptif-analitis dan menggabungkan metode berfikir induktif dan deduktif, sedang metode komparatif digunakan untuk membandingkan dan metode historis untuk menganalisis latar belakang eksternalnya. Dengan menggunakan analisis gender, pandangan Syaltut ada kesenadaan dengan feminism liberal, yang mendapat pengaruh dari aliran fungsionalisme, namun Syaltut tidak sejalan dengan kaum feminism radikal yang menganggap bahwa patriarkhi adalah sumber segala bentuk penindasan terhadap kaum perempuan. Tidak pula dengan kaum feminism sosialis, yang lebih memfokuskan pada konstruksi visi, ideology dan system masyarakat yang dibangun atas bias gender.