@phdthesis{digilib12389, month = {March}, title = {SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 95473132 ROHIM}, year = {2003}, note = {Kata kunci: pendidikan Islam, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Luqman al Hakim }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12389/}, abstract = {Salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar di Yogyakarta yang berusaha tampil dengan corak alternative adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman al Hakim bernaung di Yayasan Sosial dan Pendidikan Luqman al Hakim Yogyakarta. Lembaga ini merupakan produk pemikiran alternative dalam upaya pengembangan system pendidikan Islam dalam jangkauan masa depan. Dasar pemikiran dengan istilah terpadu adalah merupakan jawaban dari pola pikir pendidikan yang dikotomis yang diterapkan di negeri yang agamis selama ini, karena Islam memang tidak mengenal istilah dikotomi dalam keilmuan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik populasi. Metode pengumpulan datanya melalui metode interview, observasi, dan dokumentasi, sedang metode analisa datanya menggunakan metode deskriptif-analitis non statistic. Sistem pendidikan Islam yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman al Hakim Yogyakarta yakni dengan memadukan dua disiplin ilmu antara ilmu agama dengan pengetahuan umum. Implimentasi dari keterpaduan itu dapat dilihat pula melalui komponenkomponen system antara lain tujuan, kurikulum, metode, dan evaluasi pendidikan Islam. } }