@phdthesis{digilib12390, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09600024 YUSUFFIA NUR RAHMAWATI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si }, keywords = {Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Software Adobe Flash CS3, Pendidikan Karakter. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12390/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis pendidikan karakter menggunakan Adobe Flash CS3 yang berkualitas untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi teorema pythagoras; (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika interaktif berbasis pendidikan karakter menggunakan Adobe Flash CS3 yang berkualitas untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan lima tahap yaitu analisis (analisis kurikulum, analisis materi pembelajaran, analisis teknologi, dan analisis situasi), perencanaan (menyiapkan referensi, penyusunan materi isi media pembelajaran, penyusunan story board media pembelajaran, dan menyiapkan musik dan pengisi suara pada video), pengembangan (membuat komponen-komponen media pembelajaran, membuat media pembelajaran sesuai desain, mengisi tampilan media pembelajaran, kemudian dikemas dalam CD dan divalidasi), implementasi (uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar), dan evaluasi (evaluasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru, dan siswa); (2) Kualitas media pembelajaran interaktif matematika termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dengan persentase keidealan sebesar 99,63\%; (3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran bahwa sebagian besar siswa memberikan respons positif, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 71,07\%. } }