%0 Thesis %9 Skripsi %A MUSTAMAN , NIM. 98474066 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2002 %F digilib:12396 %I Fakultas Tarbiyah %K Salawat Wahidiyah %T PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALIRAN SALAWAT WAHIDIYAH (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12396/ %X Islam sebagai agama kebenaran bukan saja membimbing manusia agar jangan sampai tersesat dalam kehidupan, tetapi juga menjanjikan keselamatan dan kebahagiaan yang hakiki dalam kehidupan dunia dan akhirat dengan jalan menerima dan mematuhi hukum dan bimbingan suci dari Allah SWT. Sufisme dalam bentuk kelompok yang lazim disebut tariqat telah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia bukan hanya dalam lapisan bawah yang diasumsikan sebagai masyarakat marginal, akan tetapi juga mewarnai masyarakat lapisan atas karena praktek tariqat dilindungi oleh Negara. Dan diantara aliran sufisme yang berkembang di Indonesia adalah aliran Salawat Wahidiyah. Dalam merekrut umat dari berbagai lapisan menggunakan metode-metode tertentu yang memberikan daya tarik tersendiri. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Pengumpulan Sumber Data Penelitian, Metode Diskriptif Analitik, Metode Deduktif dan Metode Induktif. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu suatu penelitian kepustakaan (study literature) tentang pemikiran Muallif Salawat Wahidiyah yang tertulis dalam buku-buku yang diterbitkan oleh Penyiar Salawat Wahidiyah (PSW) yang menjadi pedoman hidup dalam keberagaman dan bermasyarakat bagi aliran Salawat Wahidiyah kususnya dalam hal materi dan metode pendidikan akhlak yang tercermin dalam ajaran-ajaran Wahidiyah. Keberadaan Aliran salawat Wahidiyah sebagai bagian sufisme harus dipahami secara benar. Materi pendidikan akhlak yang dirumuskan dan diajarkan oleh aliran salawat Wahidiyah meliputi lima pokok ajaran yang disebut dengan ajaran Wahidiyah. Tujuan, isi atau materi dan metode pendidkan akhlak dalam aliran salawat Wahidiyah telah melahirkan sistim tersendiri yang bersifat guruisme. Aspek pendidkan dalam aliran tarikat Salawat Wahidiyah dapat memberikan kontribusi positif berupa pengayaan materi dan metodologi dalam hazanah ilmu pendidikan.