%0 Thesis %9 Skripsi %A NEUIS NURLELA , NIM. 98413866 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2002 %F digilib:12397 %I Fakultas Tarbiyah %K Pengembangan, Pengajaran, Al-Qur’an/al-Hadits. %T PENGEMBANGAN PENGAJARAN ALQUR’AN / AL-HADITS DI SMU MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12397/ %X Agenda pendidikan suatu bangsa tidak akan pernah berhenti dan selesai, ibarat patah tumbuh hilang berganti. Itulah sebabnya pembangunan bidang pendidikan tidak akan pernah hilang dari wacana suatu bangsa, pembangunan sektor pendidikan selalu ada dan berkembang sesuai dinamika kehidupan masyarakat suatu bangsa. Dalam hal ini tentunya peningkatan kualitas pendidikan yang seimbang antara pendidikan agama dan ilmu pengetahuan. Kurikulum Sekolah Muhammdiyah memberikan kesempatan belajar agama lebih banyak dibanding kurikulum sekolah umum. Pengembangan pengajaran Al-Qur’an/Al-Hadits di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta masih di adakan karena siswanya tidak homogen, ada yang berasal dari sekolah umum dan ada yang berasala dari MTs, bagi yang berasal dari MTs, pelajaran Al-Qur’an/al-Hadits tidak asing lagi, tetapi bagi mereka yang berasal dari sekolah umum tentu akan kesulitan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedang teknik pelaksanaan penelitiannya melalui beberapa metode, yaitu: metode observasi, wawancara/interview, dokumentasi dan metode Analisa Data. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: Bahwa problematika yang berkaitan dengan pengajaran Al-Qur’an/Al-Hadits di SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah adanya perbedaan kemampuan siswa terhadap baca tulis Al-Qur’an/Al_hadits, yang bisa diklasifikasikan menjadi 3 kelompok, yaitu 1. Siswa yang buta membaca dan menulis 2. Siswa yang kemampuannya biasa-biasa saja. 3. Siswa yang pandai dalam membaca dan menulis.