@phdthesis{digilib12400, month = {August}, title = {KONTRIBUSI KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DAN SIKAP KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS II MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2002/2003}, school = {Fakultas Tarbiyah}, author = { NIM. 98454059 MULYATI }, year = {2003}, keywords = {Penalaran formal , prestasi belajar kimia, sikap kreatif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12400/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi kemampuan penalaran formal dan sikap kreatif baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas II semester genap MAN Yogyakarta I tahun pelajaean 2002/2003. Polulasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II MAN Yogyakarta I semester genap yang terdiri atas enam kelas dengan jumlah siswa 240. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster randpm sampling yaitu sebanyak tiga kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode tes. Metode angket untuk memperoleh data sikap kreatif, sedangkan metode tes untuk memperoleh data kemampuan penalaran formal dan prestasi belajar kimia. Analisis butir uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, dengan menggunakan rumus product moment untuk angket sikap kreatif diperoleh r11 = 0,957. Sedangkan untuk tes kemampuan penalaran formal dan tes prestasi belajar kimia menggunakan rumus point biserial diperoleh r11 = 0,855 dan r11 = 0,8913. Hasil penelitian menunjukan ada kontribusi yang berarti dari kemampuan penalaran formal terhadap prestasi belajar kimia dengan koefisien determinasi 0,3956 dan kontribusi sikap kratif terhadap prestasi belajar kimia dengan koefisien determinasi 0,3540. Berdasarkan koefisien determinasi 0,48 menunjukan bahwa perubahan kemampuan penalaran formal dan sikap kreatif mempengaruhi prestasi belajar kimia sebesar 48 \%.. Besarnya bobot sumbangan efektif kemampuan penalaran formal sebesar 27,21\% sedangkan untuk sumbangan efektif sikap kreatif sebesar 20, 79 \%. } }