%0 Thesis %9 Skripsi %A DINA BARIYANI, NIM. 09220061 %B PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %D 2013 %F digilib:12404 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pemahaman Tata Tertib Sekolah, Disiplin Siswa %P 160 %T HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN DISIPLIN SISWA DI MAN GODEAN SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12404/ %X DINA BARIYANI. Hubungan Antara Pemahaman Tata Tertib Sekolah Dengan Disiplin Siswa di MAN Godean Sleman. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa di MAN Godean Sleman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa, semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin tinggi pula tingkat disiplin siswa, sebaliknya semakin rendah atau kurang pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin rendah pula disiplin siswa. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu 5 kelas berjumlah 120 siswa yang ada di MAN Godean Sleman. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian dengan menggunakan tehnik stratified cluster random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala disiplin siswa dan skala pemahaman tata tertib sekolah. Analisis data dengan menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson dengan program SPSS 15.00 for Window. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa, yang memiliki koefisien korelasi (rxy) = 0,809 dengan p = 0,000 (p ˂ 0,01). Hal ini mengindikasikan semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah maka semakin tinggi pula tingkat disiplin siswa. Sebaliknya semakin rendah atau kurang pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin rendah pula disiplin siswa. Pemahaman tata tertib sekolah mempengaruhi disiplin siswa sebesar 65,4% yang ditunjukkan dengan R square = 0,654. Peran Guru BK dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah terkait dengan disiplin siswa yaitu: mengawasi siswa, menangani pelanggaran siswa, melakukan pendampingan-pendampingan, mengadakan konferensi kasus dan home visit, dan kerjasama dengan semua pihak sekolah MAN Godean Sleman Kata Kunci : Pemahaman Tata Tertib Sekolah, Disiplin Siswa %Z PEMBIMBING: A.Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si