eprintid: 1243 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/12/43 datestamp: 2012-06-01 11:30:10 lastmod: 2016-12-09 07:50:16 status_changed: 2012-05-04 16:40:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAFTUHAH - NIM. 02431322, title: ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_mat full_text_status: restricted keywords: Media pembelajaran, Multimedia, Analisis Wacana note: Pembimbing I : Drs.H. Sedya Santosa, S.S. M.Pd., Pembimbing II : Much. Abrori, S.Si, M.Kom. abstract: Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak, oleh karena itu diperlukan media sebagai alat bantu pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan dan pesan wacana pendidikan matematika berbasis multimedia dalam media online. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa teks wacana yang diambil dari media online, yang diterbitkan tahun 2000-2007. Teknik pengumpulan data dengan mengandalkan bantuan mesin pencari (search engine) yahoo dan google pada internet. Analisis wacana yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis wacana pada elemen tematik atau topik wacana. Hasil analisis wacana kemudian dideskripsikan pada hasil penelitian dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wacana pendidikan metematika berbasis multimedia dalam media online masih relatif sedikit. Konteks yang berkaitan dengan wacana pendidikan matematika berbasis multimedia baru berkembang setelah tahun 2004, karena di tahun sebelumnya wacana yang sedang dibahas adalah mengenai sistem pendidikan dan perubahan kurikulum seperti KBK, CTL, PMR, dll. Pesan dan makna dalam wacana pendidikan yang disampaikan oleh para penulis adalah menuntut kreatifitas guru matematika dan inovatif dalam mengemas materi pelajaran matematika, salah satunya dengan menggunakan media komputer sebagai alat bantu belajarmengajar untuk mempermudah siswa memahami konsep matematika. Dengan demikian, guru dituntut juga untuk amp;#8216;melek' terhadap teknologi informasi, minimal yang berkaitan dengan kepentingan pengajarannya. Wacana-wacana tersebut muncul karena dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sedang dihadapi di dunia pendidikan matematika. Matematika masih sering dianggap sebagai pelajaran sulit serta beban bagi siswa dalam memahami konsep matematika. date: 2008-07-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-18 15:00:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--maftuhahni-852-1-maftuhah-e.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/18/digilib-uinsuka--maftuhahni-852-1-maftuhah-e.pdf ; url download server lama : /download.php?id=994 ; nama file lama : MAFTUHAH 02431322 ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1651438 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MAFTUHAH - NIM. 02431322, (2008) ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1243/1/BAB%201%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1243/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf