@phdthesis{digilib12433, month = {October}, title = { HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PERILAKU AGRESI VERBAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MA?ARIF BRINGIN SRUMBUNG MAGELANG }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 05710033 NUR ROKHMAH FITRIANI }, year = {2013}, note = {Pembimbing : Zidni Immawan Muslimin,M.Si }, keywords = {Kata kunci : Persepsi siswa, Perilaku agresif, motivasi belajar }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12433/}, abstract = {Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negative antara persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru dengan motivasi belajar siswa pada MI Ma?arif Bringin Srumbung Magelang. Subjek yang digunakan adalah siswa-siswi MI Ma?arif Bringin Srumbung Magelang, dengan jumlah subjek 60 orang terdiri dari kelas IV, V dan VI. Analisis yang digunakan untuk mencari korelasi antara persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru dengan motivasi belajar adalah analisis product moment dari Pearson dengan program SPSS 20,0 for windows. Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai rxy sebesar - 0,603 dengan p {\ensuremath{<}} 0,05, dengan angka tersebut membuktikan bahwa ada hubungan negatif antara persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru dengan motivasi belajar siswa. Hasil analisis data tersebut sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yanitu ada hubungan negatif antara persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru dengan motivasi belajar. semakin tinggi persepsi terhadap perilaku agresi verbal guru maka semakin rendah motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap perilaku agresi verbal guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Persepsi siswa terhadap perilaku agresi verbal guru mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar (r2) = 36,4 \%. } }