TY - THES N1 - Pembimbing I : Drs. Edi Prajitno, M.Pd., Pembimbing II : Luluk Mauluah, M.Si. ID - digilib1244 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1244/ A1 - MAHFUDOH - NIM. 03430342, Y1 - 2008/07/18/ N2 - Penelitian Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas V SDN Nolobangsan Yogyakarta Melalui Pendidikan Matematika Realistik Sub Topik Pecahan ini bertujuan menganalisis dan mengkaji peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nolobangsan Yogyakarta, jumlah siswa kelas V SDN Nolobangsan yaitu15 siswa, penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2007/2008 pada sub topik pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak awal data diperoleh dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan matematika realistik, siswa merasa senang dan termotivasi dengan adanya alat peraga dan sangat antusias dalam menggunakannya walaupun alat peraga tersebut sederhana dan murah. Siswa sudah dapat bekerja sama dalam kerja kelompok, aktif bertanya, dan sudah berani maju. Adapun tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 80% dan siklus II sebesar 93.33% sehingga selisihnya sebesar 13.33%. Jumlah siswa yang meningkat hasil belajarnya dari siklus I ke siklus II ada 9 siswa, persentase banyaknya siswa yang tuntas belajarnya siklus I sebesar 80% (9 siswa dari 15 siswa ), siklus II sebesar 93.33% (14 siswa dari 15 siswa). Persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar secara klasikal sebesar 69.23% (9 siswa dari 13 siswa), karena persentase banyaknya siswa yang meningkat hasil belajarnya dari siklus I ke siklus II lebih dari 75% dan persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar dalam kelas yang diamati sebesar 80%, maka pelaksanaan pembelajaran dengan PMRI selain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Motivasi belajar KW - keaktifan KW - respon siswa KW - pendekatan PMRI. M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA SUB TOPIK PECAHAN AV - restricted ER -