@phdthesis{digilib12452, month = {March}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS DAN PENINGKATAN KEAKTIFAN PADA SISWA SMP KELAS VII}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600099 SEPTIRIA DINDA SANIATASARI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Suparni, S.Pd.,M.Pd}, keywords = {Kata kunci: Pendekatan CTL, Metode NHT, belajar tuntas, keaktifan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12452/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) efektivitas metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa. (2) efektivitas metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori dalam mencapai belajar tuntas siswa. (3)efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan dengan metode NHT terhadap peningkatan keaktifan siswa. (4) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan dengan metode NHT dalam mencapai belajar tuntas siswa. (5) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa. (6) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT pembelajaran ekspositori dalam mencapai belajar tuntas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu pendekatan CTL dengan metode NHT serta variabel terikat yaitu pencapaian belajar tuntas dan peningkatan keaktifan siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan CTL dengan metode NHT, kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan metode NHT, dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan post-test, pre-angket dan post-angket. Hasil post-test dianalisis dengan menggunakan uji selisih dua proporsi sedangkan pre-angket dan post-angket data yang dianalisis adalah skor gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan CTL Dikolaborasikan dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori terhadap pencapaian belajar tuntas. (2) Pendekatan CTL Dikolaborasikan dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori (kontrol) terhadap peningkatan keaktifan siswa. (3) Metode NHT lebih efektif metode ekspositori terhadap pencapaian belajar tuntas. (4) Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa.. (5) ,, Pendekatan CTL dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode NHT terhadap pencapaian belajar tuntas. (6) pendekatan CTL dikolaborasikan dengan metode NHT sama dengan model pembelajaran dengan metode NHT terhadap peningkatan keaktifan siswa.} }