%0 Thesis %9 Skripsi %A MUSTOVA , NIM. 10481020 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2014 %F digilib:12461 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Wawasan Lingkungan, Kebijakan Madrasah, Kurikulum, Parti %T MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI MIN TEMANGGUNG) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12461/ %X Madrasah berwawasan lingkungan adalah sebutan bagi madrasah yang menjadikan pendidikan lingkungan hidup menjadi salah satu misi dalam mencapai tujuan madrasah. Latar belakang masalah penelitian ini adalah perbedaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Temanggung dengan Madrasasah Ibtidaiyah (MI) yang lain, dimana MIN Temanggung mengintegrasikan pendidikakan lingkungan hidup kedalam kurikulumnya. Selain itu visi dan misi MIN Temanggung memuat upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup.Visi MIN Temanggung yaitu “Terwujudnya Madrasah yang Islami, Kompetitif dan Berwawasan Lingkungan” dan salah satu misi madrasah yaitu ”Mengembangkan intelektual dengan mengedepankan potensi siswa dan profesional guru sehingga peka terhadap perkembangan jaman dan peduli lingkungan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh MIN Temanggung menuju madrasah yang berwawasan lingkungan Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi di MIN Temanggung Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kebijakan madrasah yang diambil terkait madrasah berwawasan lingkungan adalah visi, misi, dan tujuan madrasah memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, mengalokasikan dana sebesar 15% sampai 20 % dari total anggaran setiap tahunnya yang digunakan untuk kegiatan kesiswaan, sarana dan pra sarana, kegiatan pembelajaran, (2) pelaksanaan kurikulum yang diterapkan berbasis lingkungan diwujudkan dengan adanya usaha tenaga pendidik dalam menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, menerapkan metode, strategi, mengembangkan isu lokal dan isu global dalam menyampaikan pendidikan lingkungan hidup, mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, tenaga pendidik dan peserta didik mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup dalam bentuk mading, surat kabar, web site, (3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif melibatkan warga madrasah seperti; pemeliharaan gedung, pemanfaatan lahan dan fasilitas, menjadi narasumber dalam rangka pembelajaran lingkungan hidup, (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan diwujudkan dengan cara menyediakan sarana untuk mengatasi masalah lingkungan hidup di madrasah, menyediakan sarana dan pra sarana pendukung pembelajaran lingkungan hidup di madrasah, memelihara sarana dan pra sarana madrasah yang ramah lingkungan. %Z Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd.