@phdthesis{digilib12466, month = {October}, title = {TA'LIM AL NAHW BI KITAB MATAN AL AJRUMIYYAH ALLADHI WADA'AHU AL SHAYKH MUHAMMAD SONHAJI (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU MAWAD WA WA TARIQATU TA'LIMIHI )}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420031 ANDI HOLILULLAH}, year = {2013}, note = {PEMBIMBING: Drs. Adzfar Ammar, MA}, keywords = {Matan Jurumiyyah, Analisis Konten, dan Metode Pembelajaran Nahwu.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12466/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan kandungan materi yang ada dalam kitab Al-{\~A}jurumiyah secara metode pembelajaran yang di tawarkan dalam kitab Al-{\=A}jurumiyah dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru bagi semua pihak yang mempelajari kitab tata bahasa Arab pada umumnya, dan khusus nya bagi mereka yang mengkaji tata bahasa Arab dengan menggunakan kitab matan Al-{\=A}jurumiyah. Jenis penelitian ini adalah Library research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan dua sumber data yaitu kitab matan Al-{\=A}jurumiyah, Al-kaw{\=a}kib ad-durriyah dan kitab Syarhu Al-{\=A}jurumiyah fi ?ilmi Al{--}arobiyah sebagai sumber data primer, serta kitab Ad-duraru al-makiyyah fi tahdzibi matni Al-{\=A}jurumiyah karya prof. DR Muhammad bin Ahmad Ali bin Jabir dan karya lain yang relevan dengan pembahasan skripsi ini. Metode analasis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cakupan materi dalam kitab Al-{\=A}jurumiyah yaitu Kal{\=a}m, I?rab, tanda-tanda I?rab, Fi?il-fi?il, isim-isim yang dirofa?kan, fail, n{\=a}ibul f{\=a}?il, mubtada dan khaba, amil-amil yang masuk mubtada dan khabar, na?at, isim ma?rifat, isim nakiroh, athaf, taukid, badal, isim-isim yang dinashabkan, maf?ul bih, mashdar, dzhorof zaman dan dzharof makan, H{\=a}l, tamyiz, ististna, L{\=a}, mun{\=a}d{\=a}, maf?ul min ajlih, maf?ul ma?ah? isim-isim yang dijarkan, seluruhnya sudah sesuai bagi para pemula. Adapun metode yang bisa diterapkan yaitu metode Deduktif (At-{\c t}horiqoh Al- Qiy{\=a}siyah), metode Induktif (At-{\c t}hariqoh al-istiqr{\=a}iyah) dan metode Campuran ( At-{\c t}hariqoh al-mu?{\=a}dalah) dan yang paling sesuai dengan maksud isi kitab adalah metode deduktif (At{\c t}hariqoh al-qiy{\=a}siyah) yaitu model pelajaran dengan menyajikan materi dari hal-hal umum sampai pada yang khusus. Kata kunci : Matan Jurumiyyah, Analisis Konten, dan Metode Pembelajaran Nahwu.} }