TY - THES N1 - Pembimbing : Prof. Anas Sudijono ID - digilib12479 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12479/ A1 - LENI FIDAWATI , NIM. 98413844 Y1 - 2002/11/28/ N2 - Guru sebagai salah satu sub komponen input instrumental merupakan bagian dari sistem yang akan menentukan keberhasilan pendidikan, dan karena itu maka profesionalisme guru perlu ditingkatkan. Namun demikian, dalam proses pembelajaran seorang guru tidaklah mudah melainkan banyak kendala yang harus dihadapi, seperti halnya dengan guru TK yang mengajarkan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran pengembangan agama Islam di TK Budi MUlia 2 Pandean Sari Yogyakarta, mengetahui tentang sejauh mana profesionalisme guru TK dalam proses pengajaran PAI serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru TK di TK Budi Mulia 2 tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan metode populasi dan sampling. Secara keseluruhan, sampel dalam penelitian ini yaitu 1 Kepala Sekolah, 3 guru agama, 16 guru kelas dan 73 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisa data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1. Berdasarkan analisis data dari tabel menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI di TK Budi Mulia 2 Pandean Sari tergolong tinggi sehingga siswa mampu memahami dan mengamalkan materi yang telah diberikan di sekolah. 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa profesionalisme guru TK dalam pengajaran pengembangan agama Islam di TK tersebut telah memenuhi persyaratan kompetensi keguruan sehingga berpengaruh positif pada perubahan sikap anak baik di rumah maupun di sekolah. Tingkat profesionalisme guru TK dalam pengajaran PAI di TK Budi Mulia 2 adalah tinggi. 3. Usaha-usaha peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan antara lain: penyaringan penerimaan guru, pengiriman guru untuk mengikuti seminar dan penataran, sharing ide antar sesame guru atau kelompok binaan, dan penyetaraan bagi guru untuk meningkatkan kualitas sumber daya guru yang ada. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: profesionalisme guru KW - pembelajaran PAI di Taman Kanak-kanak. TK Budi Mulia. M1 - skripsi TI - PROFESIONALISME GURU TK DALAM PENGAJARAN PENGEMBANGAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK BUDI MULIA 2 PANDEANSARI YOGYAKARTA AV - restricted ER -