%A MURNIYATI - NIM. 03460535 %O Pembimbing : Warsono, M.Si. %T UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA SMA DENGAN OPTIMALISASI HANDS ON SCIENCE %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep fisika dalam materi Listrik Dinamis, mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam kegiatan praktikum, serta mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Listrik Dinamis dengan optimalisasi hands on science. Subjek penelitian adalah siswa kelas Xb SMAN 1 Pakem, Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Classrrom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini tindakan mengikuti daur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sebagai perencanaan siklus berikutnya.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa LKS, lembar evaluasi siswa (tes), lembar evaluasi kinerja, serta angket respon siswa. Teknik analisa data untuk ranah kognitif dengan menskor soal-soal pretest-posttest, untuk ranah psikomotorik dideskripsikan dalam persen (percentages correction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi hands on science dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika di SMAN 1 Pekem. Hal ini diidentifikasi baik dari keberhasilan proses maupun produk. Keberhasilan proses terlihat dari rerata kinerja siswa serta aktivitas siswa yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 3. Keberhasilan produk juga terlihat dari peningkatan skor pretest-posttest dari siklus 1 hingga siklus 3. %K Kualitas Pembelajaran, Optimalisasi, Hands on science. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1249