%0 Thesis %9 Skripsi %A MUTAALIMAH, NIM. 98413812 %B PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %D 2003 %F digilib:12492 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pendidikan pesantren %T MODEL PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAF DI PP. AL MUNAWWIR KRAPYAKYOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12492/ %X Madrasah Salafiyah yang ada di PP. Al –Munawwir mempunyai model sendiri dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. PP. Al –Munawwir banyak melakukan pembenahanpembenahan dengan cara mempertahankan cara lama yang masih relevan serta mengadakan pengembangan sesuai dengan cara baru yang lebih baik. Langkah yang diambil seperti pembaruan kurikulum, penggunaan metode pembelajaran, lama belajar, pembuatan kalender pendidikan, dan lainnya. Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui sejarah pendidikan pesantren salafiyah, bidang apa saja yang mengalami pembaruan pada pendidikan pesantren, dan mengetahui model pembaruan sistem pendidikan pesantren salaf. Penelitian menggunakan pendekatan ualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada informan, observasi lapangan di PP Al-Munawwir dan dokumentasi dengan menghimpun data yang bersifat documenter seperti jumlah staf pengajar dan jumlah siswa. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini ialah (1) pembaruan pendidikan PP Al Munnawir Krapyak Yogyakarta dapat dilihat dari periodesasi kepemimpinan. Peranan KH. AL Ma’shum sangat besar mengingat usaha beliau dalam menangani pendidikan dan pengajaran kitab kuning sehingga lahirlah lembaga-lembaga pendidikan yang berbentuk klasikal. (2) bidangbidang pendidikan salaf yang berhasil didirikan oleh PP. Al Munawwir Krapyak Yogyakarta adalah: periode KH. Abdullah Affandi, KH. A. Qodir dan KH. Ali Ma’shum antara lain: madrasah Ibtidaiyah putra (4 tahun) tahun 1964, Madrasah Tsanawiyah putra (3 tahun), tahun 1949, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Eksakata Alam 1950, Madrasah Banat (putrid), tahun 1951, Madrasah Aliyah (putra), tahun 1955, Madrasah Diniyah, tahun 1960, Madrasah Tsanawiyah, tahun 1962. Periode KH. Ali Ma’shum, berhasil mendirikan: Madrasah Tsanawiyah 3 tahun putra 1978, Madrasah Aliyah 3 tahun putra 1978, Madrasah Takhasusu bahasa Arab dan Syari’ah, Madrasah Tsanawiyah 3 tahun putrid 1986, Madrasah Aliyah 3 tahun 1987. Periode KH. Zaenal Munawwir, berhasil mendirikan: Madrasah Salafiyah I, II, III dan IV, Madrasah Huffadz, PT Ma’had’Aly, Majelis Ta’lim untuk masyarakat umum, pemuda-pemudi, alumni, dan Masyayih (orang tua). (3) model pembaruan sisitem pendidikan PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta dibatasi 3 model yaitu Madrasah Salafiyah I, III, dan IV, disebabkan latar belakang santri yang bermukim merangkap sekolah di luar pondok pesantren. Pembaruan tersebut meliputi: Tujuan dan fungsi, pendidik, peserta didik, metode, materi dan sistem evaluasi %Z Pembimbing: Prof. Drs. HMS Prodjodikoro