%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR ISTIQOMAH, NIM. 99414186 %B PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %D 2003 %F digilib:12493 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pendidikan pesantren %T PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12493/ %X Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan agama Islam tradisional merupakan cikal bakal dari pendidikan di Indonesia dituntut untuk menjawab problematika pendidiakn yaitu pembentukan moral. Namun demikian tidak semua pesantren mampu merespon dan menerima tuntutan tersebut. Di sisi lain sebagian pesantren tradisional di Indonesia mencoba merespon tuntutan tersebut. Cara yang dilakukan adalah melakukan pembaruan dari segi pola/sistem pendidikannya hingga perkembangan fisik bangunan pesantren. Salah satu pesantren yang mengalami pembaruan yaitu Nurul Ummah yang terletak di Jalan Raden Ronggo Prenggan Kotagede Yogyakarta. Contoh pembaruan yang terjadi yaitu terbentuknya club English (NUEC) yang sebelumnya tidak ada. Berdasarkan pemaparan latar belakangang di atas, penulis ingin meneliti alasan yang melatarbelakangi diadakannya pembaruan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede. Selain itu ingin mengetahui langkah-langkah yang ditempuh untuk merealisasikan pembaruan sistem pendidikan, dan terakhir aspek yang memperngaruhi sistem pendidikan yang berhasil diperbaruhi. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu (1) alasan yang melatarbelakangi diadakannya pembaruan di PPNU karen (a) perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat (b) tuntutan masyarakat yang semakin komplek dan variatif (c) keyakinan dan semangat yang kuat dari diri pengasuh unutk menjadikan PPNU sebgai pesantren yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan selalu mampu menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. (2) adapun upaya atau langkah yang ditempuh dalam merealisasikan pembaruan sistem pendidikan di PPNU yaitu dengan merumuskan kembali kurikulum-kurikulum yang dirasa sudah tidak relevan, kemudian dengan mengembangkan mengefektifkan sistem dan metode pengajaran. (3) Aspek-aspek dari sistem pendidikan yang telah berhasil diperbaharui di PPNU meliputi: tujuan pembelajaran, pendidik, anak didik, metode, kurikulum dan evaluasi hasil belajar, yang keseluruhan jika dibandingkan pada periode sebelumnya jauh lebih baik %Z Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.