%0 Thesis
%9 Skripsi
%A SITI ATIQOH , NIM. 09600043
%B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
%D 2014
%F digilib:12501
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Kata Kunci: Efektivitas, Teori Belajar Zoltan Paul Dienes, Pemahaman  Konsep, Teorema Pythagoras.    
%T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN  BERBASIS TEORI BELAJAR ZOLTAN PAUL DIENES  TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS  SISWA KELAS VIII SMP  (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN)    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12501/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika  menggunakan teori belajar Zoltan Paul Dienes lebih efektif dibandingkan dengan  pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep teorema  Pythagoras siswa kelas VIII.  Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain  Control Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 2  variabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan teori belajar Zoltan Paul Dienes,  dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya berupa  pemahaman konsep teorema Pythagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta 2013/2014 sebanyak 204  siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini  dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas  VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, pedoman  wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk  menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan uji T Dua Sampel  Independen dan uji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS, sebelumnya  dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas variansi.  Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Mann-Whitney U terhadap  skor N-Gain tes pemahaman konsep teorema Pythagoras diperoleh nilai sig (1-  tailed) adalah 0,039, maka H0 ditolak, artinya rata-rata skor N-Gain kelas  eksperimen lebih tinggi dari rata-rata skor N-Gain kelas kontrol. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan teori  belajar Zoltan Paul Dienes lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran  konvensional ditinjau dari pemahaman konsep teorema Pythagoras.    
%Z Pembimbing :  Dr. Ibrahim, M.Pd