relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12512/ title: KONSEP METODE BELAJAR MENURUT AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM creator: BISMAR, NIM. 98413853 subject: Pendidikan Agama Islam description: Metode belajar yang efektif akan dapat dijadikan alat motivasi ekstrintik dalam kegiatan belajar. Disamping itu metode juga sebagai strategi dalam belajar, karena siswa dalam kegiatan belajar harus memiliki strategi sehingga dapat belajar dengan efisien dan efektif. Salah satu langkah untuk memilih strategi haruslah menguasai teknik-teknik belajar atau yang biasanya disebut dengan metode belajar, dengan demikian metode belajar adalah strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan adalah pendekatan filosofis, dan historis. Obyek dalam penelitian ini adalah kitab Ta’limul Muta’allim, dengan sumber datanya bersumber dari data yang terkait dengan penelitian. Metode analisa data adalah metode analisis isi (content analysis) , dan metode biografi. Az-Zarnuji menawarkan beberapa konsep metode belajar, ada konsep metode belajar yang sifat kegiatannya dilakukan secara mandiri, dan secara kelompok dalam bentuk dialog dan diskusi. Mengenai relevansinya konsep metode belajar menurut Az-Zarnuji dengan metode belajar dewasa ini masih relevan, karena sama-sama menekankan perlunya keaktifan pelajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci: metode belajar, Az-Zarnuji, kitab Ta’limul Muta’allim date: 2003-04-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12512/1/BAB%20I.%20IV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12512/29/BAB%20II.%20III.pdf identifier: BISMAR, NIM. 98413853 (2003) KONSEP METODE BELAJAR MENURUT AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.