%A NIM. 96473442 MUH. FAISAL ISMAIL %O PEMBIMBING: Drs. H. MANGUN BUDIYANTO %T KURIKULUM DAN MODEL PEMBELAJARAN BAGI ANAK KREATIF DAN BERBAKAT %X Kreativitas diasumsikan sebagai suatu yang dimiliki atau tidak dimiliki dan tidak banyak yang dapat dilakukan melalui pendidikan untuk mempengaruhinya. Pada dasarnya pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dan menentukan bagi perkembangan bangsa dan negara. Asumsi yang sudah ada dahulu, apabila “orang Berbakat” yaitu orang yang mempunyai tingkat kecerdasan (IQ) yang tinggi, Akan tetapi sekarang keterbakatan bukan hanya intelegensi, melainkan juga kreativitas dan pengikatan diri terhadap tugas atau motivasi untuk berprestasi. Mengingat begitu pentingnya kreativitas dan keterbakatan dalam mengembangkan prestaais belajar anak, maka sangat diperlukan adanya persiapan-persiapan dalam merangkum dan merencanakan program pengajaran (kurikulum) yang sesuai anak yang mempunyai kreativitas tingkat tinggi. Oleh karena itu, penulis mengambil judul “Kurikulum dan Model Pembelajaran Bagi Anak Kreatif dan Berbakat” untuk skripsi ini. Kesimpulan yang dapat diambil dari penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagi pembelajaran siswa berbakat, sangat diperlukan seperangkat rancangan pembelajaran yang dikhususkan bagi anak berbakat untuk perkembangan kemampuannya. 2. Banyak model belajar-mengajar yang penggunaannya bermanfaat bagi siswa pada umumnya dan siswa berbakat pada khususnya dalam kelas biasa atau di kelas khusus. Terdapat tiga model yang sangat dominan guna keberhasilan system pembelajaran bagi anak berbakat, yaitu model enrichment (pengayaan), model acceleration (percepatan), ability grouping (pengelompokan kelas berdasarkan kemampua %K KURIKULUM, MODEL PEMBELAJARAN %D 2002 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12514