%A NIM. 98474079 PARESTI %O Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief %T APLIKASI TEKNOLOGI PMBELAJARAN OLEH GURUGURU DI MTsN BANTUL KOTA YOGYAKARTA %X Teknologi pembelajaran tidak mengandung pengertian mutlak menggunakan perangkat keras (hardware). Teknologi pembelajaran mampu mensyaratkan pengajaran sebagai problema pokok yang harus dikaji secara ilmiah, sistematis dan rasional, baik dalam perumusan tujuan, pemahaman terhadap masukan pendahuluan (entry behavior) yang ada dalam diri anak, analisis bahan dan urutan dengan strategi tertentu, uji coba dan mengadakan perbaikan-perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan datanya melalui observasi, angket, dokumentasi, dan interview, sedang analisa data menggunakan metode analisa kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pola berfikir deduktif induktif. Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam mengaplikasikan teknologi pembeljaran antara lain diadakan evaluasi bagi guru-guru dalam setiap minggunya, adanya pelatihan untuk guru-guru, menciptakan suasana sekolah yang kondusif dalam pembelajaran, menambah koleksi buku perpustakaan dan perbaiakn sarananya, menambah dan mengoptimalkan media yang tersedia serta menaikkan jenjang pendidikan untuk guru-guru. %K Kata kunci: teknologi pembelajaran, guru, evaluasi, pelatihan %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12519