@phdthesis{digilib12522, month = {April}, title = {KETRAMPILAM MEMBACA DALAM BAHASA ARAB SISWA MTsN YOGYAKARTA I: STUDI ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA, YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 98423940 ROSMIYATI, RM }, year = {2003}, note = {Pembimbing : Drs.H.Nazri Syakur.MA }, keywords = {Kata kunci: ketrampilan membaca, bahasa arab, siswa }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12522/}, abstract = {Bagi orang yang belajar bahasa asing termasuk belajar bahasa arab, upaya untuk mencapai ketrampilan berbahasa bukanlah persoalan mudah, terutama untuk ketrampilan bidang mendengar dan berbicara. Hal ini bukan disebabkan oleh sulitnya mempelajari kedua ketrampilan tersebut. Tetapi karena media, sarana dan sumber belajar untuk berlatih sangat minim atau bahkan tidak sama sekali. Dalam kondisi demikian. Ketrampilan membaca menjadi alternative keterampilan berbahasa yang paling mudah dijangkau. Sebab latihan membaca dapat dilakukan secara individual dan terus menerus tanpa harus tergantung kepada orang lain atau lingkungan khusus. Jenis penelitian ini penelitian kepustakaan dan lapangan. Metode pengumpulan datanya melalui metode dokumentasi, observasi, interview, dan dan dialog dengan nara sumber untuk penelitian lapangannya. Datanya bersumber dari data primer dan sekunder, sedang analisa datanya menggunakan metode deskriptif analisis dan diolah dengan metode berfikir deduktif, induktif, dan analisis kesalahan. Jenis kesalahan yang terjadi adalah bersifat linguistic baik itu fonetik morfologik maupun sintaksis sedangkan dari segi non linguistic tidak ada kesalahan baik dalam tes lisan maupun tes tertulis. Kesalahan yang paling dominan terjadi dalam membaca adalah pada kata benda (isim), dan tingkat kesalahan paling banyak terdapat pada tes lisan dan tertulis dalam kategori membaca, banyak siswa tidak bisa membaca harakat akhir sebuah kata. } }