TY - THES ID - digilib12526 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12526/ A1 - SAMSU SUGITO , NIM. 98454044 Y1 - 2003/07/19/ N2 - Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya suatu buku ajar adalah dengan melakukan analisis struktur isi, sehingga dapat diketahui seberapa besar indeks keterlibatan siswa dalam buku ajar tersebut. Buku ajar kimia dikatakan baik bila didalamnya banyak mengandung kegiatan-kegiatan yang mengembangkan konsep dan ketrampilan proses. Alasannya adalah dalam pembelajaran sains termasuk kimia di dalamnya menuntut keterlibatan siswa secara aktif, sedangkan keberhasilan siswa ditentukan oleh kesempatan yang diberikan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian analisis isi (content analisys) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, sedang teknik analisis datanya secara deskriptif kuantitatif. Besarnya indeks keterlibatan siswa pada ketiga buku sampel semua memenuhi criteria CBSA dengan nilai indeks antara 0,4-1,5. Pada buku Er nilai indeks= 0,5904, buku BA=0.7672 dan buku GMP=0,9083. Pada bagian teks dari ketiga buku semua memenuhi criteria CBSA, pada bagian gambar/diagram, nilai indeks keterlibatan siswa tidak ada yang memenuhi criteria CBSA. Sedang pada bagian pertanyaan di akhir bab, nilai indeks keterlibatan siswa yang memenuhi criteria CBSA adalah pertanyaan pada buku Er=1,5128 dan buku BA=1,5454. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - struktur isi buku KW - buku ajar kimia KW - indeks KW - siswa M1 - skripsi TI - ANALISIS STRUKTUR ISI BUKU AJAR KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS II DITINJAU DARI INDEKS KETERLIBATAN SISWA AV - restricted ER -